Sejarah KTB UKM Tatau Sanang, UKM Rintisan Perkantas Kalteng

Kelompok Tumbuh Bersama – Usaha Kecil Menengah (KTB-UKM) Tatau Sanang pertama kali dibentuk pada tanggal 25 Maret 2018 oleh sejumlah orang yang memiliki kesamaan visi untuk membangun kehidupan perekonomian masyarakat Kalimantan Tengah yang sejahtera. Nama “Tatau Sanang” sendiri dipilih dari bahasa lokal Dayak Ngaju, yang memiliki arti senang dan sejahtera. Harapannya, semua anggota yang bergabung dalam KTB-UKM Tatau Sanang memiliki kehidupan yang sejahtera dan bahagia.  Di bawah binaan dr. Eddy Kristianto, seorang dokter sekaligus wirausahawan yang mencintai dunia UMKM, anggota KTB-UKM Tatau Sanang kini telah menguasai setidaknya 30 produk yang dapat dikembangkan menjadi produk komersil UMKM.

Pelatihan pembuatan produk bersama pembina KTB UKM Tatau Sanang, dr. Eddy Kristianto

Dalam menghadapi era industri 4.0, pengurus KTB-UKM Tatau Sanang menyadari pentingnya berjejaring dan penguasaan teknologi. Untuk itu, sejak tahun 2019, kelompok ini mulai membangun kerja sama dengan pemerintah setempat termasuk Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Palangka Raya. Selain itu, untuk mendukung proses pemasaran produk dan pengelolaan finansialnya, KTB-UKM Tatau Sanang bekerja sama dengan Koperasi Maju (Maju Institute) yang telah memiliki pengalaman matang dalam hal pemasaran produk-produk KTB-UKM se-Indonesia.

Advokasi Tim KTB UKM Tatau Sanang ke Dinas Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya

Secara resmi, KTB-UKM Tatau Sanang juga telah mendapat Ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK) dari pemerintah Republik Indonesia dengan nomor induk 9120404882414 pada tanggal  21 Agustus 2019. Ke depannya, KTB-UKM Tatau Sanang akan terus berbenah diri dalam hal pengelolaan organisasi, pembinaan anggota, peningkatan kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan serta kegiatan promosi dan pemasaran produk di skala nasional maupun internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *